Top

Pansus Banggar Bahas Berbagai Capaian

mitradprd – Pansus Anggaran KotaTangerang kembali melakukan pembahasan, kali ini membahas sejumlah perencanaan, serapan serta target capaian pendapatan yang ada di OPD, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pansus, H.Kosasih, didampingi anggota Pansus bersama para anggotanya di Ruang Paripurna, Senin (25/7/2022).

Hadir dalam rapat kali ini, Kepala Kesbangpol, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, dan para camat dan Inspekrorat Kota Tangerang ,dan sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Rapat diawali dengan paparan Dinas Koperasi dan Perdagangan mengenai anggaran yang telah terserap. Dalam paparanya, Sekretaris Dinas, Ahsan Annahar, menjelaskan, kinerja pada tahun ini sudah cukup baik. Menurut data yang disampaikannya, telah mencapai target dan pada 2021 sudah tercapai separuh lebih dari target yang ditetapkan ditahun ini. "Pembinaan, bantuan serta pelatihan, terus kami upayakan Namun, ada beberapa rekomendasi yang dinilai perlu, seperti bagaimana lebih meningkatkan pendapatan para UMKM," ucapnya.

Menanggapi paparan tersebut, Wakil Ketua H.Kosasih, mengapresiasi apa yang disampaikan terkait upaya memajukan UMKM dan inovasi yang telah dicapai Disperindagkop. Ia berharap OPD lain juga memiliki upaya serupa agar capaian kinerja dan pendapatan dapat tetap meningkat meski masih di tengah kondisi pandemi ini.
“Perlu diakui, dalam pencapaian kinerja, pendapatan yang lebih, dibutuhkan upaya dan kerjasama dengan beberapa pihak. Dalam hal ini, setiap OPD perlu adanya inovasi diantaranya menambah titik-titik pelayanan agar penerimaan pendapatannya bisa meningkat,” saran wakil.

Sementara itu, Anggota Pansus, Tasril Jamal, mengatakan, pembahasan dalam pansus anggaran ini, merupakan lanjutan dalam rakor anggaran yang membahas pendapatan daerah. Termasuk, pembahasan mengenai target pendapatan daerah pada 2021, 2022, dan 2023.
“Kita punya tujuan yang sama sehingga usulan target dari pansus anggaran sesuai dengan perhitungan yang lebih baik. Setelah ini, akan segera dibawa ke rapat paripurna,” ujarnya.

Kemudian, mengenai usulan target pendapatan daerah dari Pansus, dikatakannya, dari perhitungan Pansus itu, pihaknya akan membahas kembali mengenai target pendapatannya. Termasuk, target indikator kinerja utama yang menjadi usulan Pansus kepada para OPD dan kecamatan nantinya.

“Target ini nantinya sangat optimistis sehingga butuh perhitungan kembali dalam perbelanjaannya. Di mana usulan target tersebut, didasarkan atas adanya OPD dan badan dibidang pendapatan dengan capaian-capaian target pendapatan itu sendiri,” tambah Tasril.

» 2022-07-26

Berita Terbaru
Keseruan Pimpinan dan Anggota DPRD Sambut HUT RI

DPRD dan Pemkot Teken KUA PPAS APBD 2022

Komitmen Bersama DPRD dan Kejari Kota Tangerang Diteken